Tentang Panti Asuhan Ruhamaa

              

Panti Asuhan Ruhamaa merupakan sebuah lembaga yang didirikan dibawah naungan yayasan Ruhamaa samarinda, dimana hal yang melatar belakangi berdirinya yayasan dan panti asuhan tersebut adalah  banyaknya anak yatim serta anak kaum duafa yang pada saat itu masih sedikit yang mendapatkan sekolah karena biaya serta jumlah sekolah yang tidak begitu banyak khususnya di daerah daerah pelosok desa sehingga di bentuklah yayasan Ruhamaa yang didalamnya terdapat pantiasuhan Ruhamaa yang bergerak di bidang pendidikan bagi anak-anak yatim serta kaum duafa pada tanggal 1 Juli 1998 di Samarinda.
               Pada awal mula bergeraknya panti asuhan Ruhamaa bergerak dibawah naungan Dinas Sosial Samarinda yang memberikan sumbangsih kepada Panti Asuhan dalam masa masa awal hingga sekarang, serta para donatur donatur baik secara pribadi maupun perorangan yang memberikan sebagian hartanya untuk pengembangan dan pemeliharaan anak asuh panti asuhan Ruhamaa. Pada saat awal berdirinya panti asuhan ruhamaa belum memiliki bangunan sendiri dimana pada saat itu yayasan menyewa sebuah bangunana di Jl. Pangeran Suryanata Gang. 7. dimana pada awal ini anak anak didika panti asuhan ruhamaa terdiri dari anak putri yang berasal dari daerah samarina, Kutai Karta Negara, Palarang, Sangatak dll yang mendapatkan bantuan di panti asuhan ruhamaa untuk bersekolah disamarinda dengan beasiswa penuh untuk mereka.
              Seiring dengan berjalanya  waktu, yayasan terus berusaha lebih berkerja keras, demi tetap dapat berlangsungan belajar anak anak asuh, pada tahun 2001 alhamdulillah salah seorang donatur memberikan kepada panti asuhan ruhamaa sebuah tanah hibah untuk pembangunan sarana dan prasarana pantiasuhan oleh  H.Nurhasani, S.Pd yang berada di Jl. Pangeran Suryanata Gang. Ruhamaa yang menuju arah ke Tenggarong. dengan adanya tanah hibah tersebut akhirnya dibangunlah sebuah rumah tempat tinggal untuk pengurus serta anak asuh, para pengurus yayasan terus mengupayakan untuk  kesejahteraan anak anak asuh serta memberikan manfaat yang lebih kepada masyarakat, dan terbangunlah mushola ruhamaa dimulai dari tahun 2005 hingga 2006 telah selsai, bangunan tempat tinggal asrama untuk anak asuh pada tahun 2007. dan tahun 2009 dibangunlah TK Islam Ruhamaa sebagai wujud keseriusan terhadap pendidikan dan pada tahun 2012 sedang dalam proses pembangunan gedung asrama untuk anak asuh sehingga dapat lebih bermanfaat. hingga kini jumlah anak asuh ruhamaa yang ada dipanti asuhan ruhamaa sebanyak 24 anak dari berbagia daerah dikalimanatan Timur ( Samarinda, Wahau, Kongbeng, Penajam, paser, palaran, Badak, Balikpapan, kukar ) yang bersekolah di SMP N 24 Samarinda dan  SMA N 3 Samarinda Serta MAN 1 Samarinda .
iDENTITAS:
Nama                : Panti Asuhan Ruhamaa
Alamat               : Jl. P. Suryanata Gg.Ruhamaa No.92 RT.03 Kel.Bukit Pinang,Samarinda Ulu, Samarinda
Status                : Swasta
Tgl Thn Berdiri   : 1 Juli 1998
Status                : Hibah
Luas Tanah        : 5000 m2
Status Bangunan : Milik Yayasan
Nama Yayasan   : Yayasan Ruhamaa
Ketua Yayasan   : M. Munir S.Hi
Alamat                : Jl.P.Surayanata RT.03. Kel.Bukit Pinang. Samarinda
Ijin Operasional Panti Assuhan Ruhamaa : 460/94/V/ORSOS/2010